Listiawati, Tri Oksi (2012) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas III SDN 3 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
![]() |
PDF
TRI OKSI LISTIAWATI_0844055_PGMI_2012.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (28MB) |
Abstract
Proses belajar mengajar di sekolah bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik dan mempersiapkan menghadapi masa depan yang lebih baik. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, salah satu ukuran berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar dapat dilihat dari pemahaman dan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti model yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan 2 siklus dan masing-masing siklus 2 kali pertemuan, objek tindakan penelitian ini kelas III SDN 3 Metro Pusat dengan sejumlah 27 siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dengan materi shalat fardhu.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat melalui metode demonstrasi pada mata Pelajaran Agama Islam kelas III Semester Genap di SDN 3 Metro Pusat? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada mata Pelajaran Agama Islam.
Penelitian ini merupakan PTK(Penelitian Tindakan Kelas) dalam pengumpulan data penulis menggunakan dokumentasi berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas dan tes tertulis untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan rumus prosentase terjadi peningkatan pada siklus 1 80% di siklus II naik menjadi 89%, hal ini berarti teijadi peningkatan sebesar 9%.
Hasil analisis dapat disimpulkan sebagai berikut: metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN 3 Metro Pusat. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 70,37% dan siklus II sebesar 85,18%. Berdasarkan data-data dan hasil analisis sehingga hipotesis yang penulis ajukan diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 06:54 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 06:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11201 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |