Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SDIT Wahdatul Ummah Metro

Choiriyah, Nurul (2012) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SDIT Wahdatul Ummah Metro. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[thumbnail of NURUL CHOIRIYAH_0843405_PGMI_2012.pdf] PDF
NURUL CHOIRIYAH_0843405_PGMI_2012.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Proses pembelajaran IPA secara umum bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik, menambah keyakinan kepada Allah SWT, dan sebagai dasar pengetahuan guna meneruskan kejenjang pendidikan berikutnya. Sehubungan dengan hal tersebut, salah satu ukuran keberhasilan pembelajaran adalah hasil belajar peserta didik. Dalam meningkatkan hasil belajar, motivasi belajar sangat berperan dalam proses peningkatan hasilnya. Dan kedua hal tersebut sangat dipengaruhi dengan model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dalam pembelajaran.

Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Apakah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah bdapat meninggkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas Illb semester genap SDIT Wahdatul Ummah Metro? 2. Apakah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meninggkatkan hasil belajar peserta didik ilmu pengetahuan alam kelas Illb semester genap SDIT Wahdatul Ummah Metro?

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan Model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPA kelas Illb semester genap SDIT Wahdatul Ummah Metro t.a 2011/2012. 2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah kelas Illb pada mata pelajaran IPA SDIT Wahdatul Ummah Metro tahun pelajaran 2011/2012.

Pengumpulan data dalam model pembelajaran berbasis masalah ini berupa lembar obsevasi untuk mengetahui motivasi belajar dan lembar evaluasi belajar peserta didik. Analisis data menggunakan rumus rata-rata hitung N-Gain.dilihat dari skor rata-rata N-Gain juga terjadi peningkatan yang ditunjukkan dari gain score ternormalisasi sebesar 0,33 pada siklus I menjadi 0,41 pada siklus II. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 0,08 dengan kategori gain score sedang

Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:Model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas Illb SDIT Wahdatul Ummah Metro, hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase motivasi belajar peserta didik pada siklus 1 sebesar 61,70% dan siklus II 79,63%. Model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar IPA peserta didik kelas Illb SDIT Wahdatul Ummah Metro. Hal ini dapat dilihat dari Persentase peserta didik yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 61,11 % dan siklus II sebesar 83,33%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:54
Last Modified: 24 Jun 2025 06:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11202

Actions (login required)

View Item View Item