Lindawati, Lindawati (2014) Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI MIDU Rempelas Lampung Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
![]() |
PDF
LINDAWATI_1181655_PGMI_2014.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
Pembelajaran di MI khususnya MIDU Rempelas Lampung Timur kurang memperhatikan pentingnya menggunakan metode yang dapat mengaktifkan siswa dan menarik perhatian siswa. Guna meningkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa diperlukan penerapan metode pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPA. Salah satu keistimewaan pembelajaran kooperatif adalah bahwa dalam penerapannya guru harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, baik dalam menyimak, mendengarkan, bertanya atau menjawab pertanyaan.
Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi dan pembatasan masalah tersebut di atas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV MIDU Rempelas Lampung Timur Tahun Pelajaran 2013/2014?”. Adapun tujuan yang dapat dirumuskan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah sebagai berikut “Untuk mengetahui Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MIDU Rempelas Lampung Timur Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014 materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan”.
Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggambarkan suatu proses dinamis yang meliputi aspek perencanaan, tindakan, observasi, merefleksi yang merupakan langkah-langkah dalam PTK. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi.
Aktivitas belajar siswa pada siklus I belum ada yang tuntas dan pada siklus II sebesar 100% rata-rata mengalami peningkatan sebesar 36% dari keseluruhan dari aktivitas yang diamati. Hasil belajar siswa pada siklus I hasil postesnya sebesar 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 92% meningkat 17%. Dengan peningkatan ini, maka sudah mencapai kriteria keberhasilan, jadi dalam penelitian ini peneliti tidak melanjutkan tindakan ke siklus selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian, maka untuk selanjutnya metode pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat terus diterapkan dalam pembelajaran IPA di MIDU Rempelas Lampung Timur karena terbukti memberikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV khususnya materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 06:49 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 06:49 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |