Ja'far, Ja'far (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar PKN Melalui Pemberian Pekerjaan Rumah Pada Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
![]() |
PDF
JAFAR_0956875_PGMI_2012.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (23MB) |
Abstract
Proses belajar mengajar disckolah bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik dan mempersiapkan menghadapi masa depan yang yang lebih baik. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka salah satu ukuran berhasil atau tidaknya proses pembelajaran dapat dilihat dari pemahaman-pemahaman dan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti metode pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan 2 siklus dan masing-masing siklus tiga kali pertemuan, objek penelitian ini Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Lampung Timur dengan jumlah siswa 22 pada mata pelajaran PKn dengan materi Arti penting keutuhan NKRI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Metode Pekerjaan Rumah dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas V Madrasah ibtidaiyah Darul Ulum Lampung Timur?. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan Metode Pekerjaan Rumah siswa lebih dapat memahami materi yang diajarkan guru dan untuk mendiskripsikan penggunaan metode Pekerjaan Rumah dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Lampung Timur tahun pelajaran 2011/2012.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas siswa, tes hasil belajar.dan lembar pengamatan aktivitas guru.
Dari hasil analisa dapat diketahui hasilnya bahwa aktivitas siswa meningkat secara keseluruhan 5.8% dari 75,4% pada siklus I menjadi 81.2% pada siklus II. Kemudian pada hasil belajar meningkat 37% dari 45% pada siklus I menjadi 82% pada siklus II. dan aktivitas guru meningkat 18% dari 71% pada siklus 1 menjadi 89% pada siklus 11. Berdasarkan data tersebut maka dapat diketahui bahwa dengan menggunakan metode Pekerjaan Rumah dapat meningkatkan hasil PKn siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 06:50 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 06:50 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11206 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |