Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Menggunakan Model Pembelajaran Cotextual Teaching and Learning (CTL) Peserta Didik Kelas IV MI Al-Fatah Panaragantulang Bawang Tengah Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2012/2013

Zainuddin, M (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Menggunakan Model Pembelajaran Cotextual Teaching and Learning (CTL) Peserta Didik Kelas IV MI Al-Fatah Panaragantulang Bawang Tengah Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[thumbnail of M.ZAINUDDIN_0957035_PGMI_2013.pdf] PDF
M.ZAINUDDIN_0957035_PGMI_2013.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Salah satu indikasi keberhasilan prose pembelajaran dapat dilihat dari aktivitas dan hsil belajar yang diperoleh peserta didik setelah mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik.Dan salah satu yang menentukan keberhasilan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran adalah kemampuannya dalam menggunakan model pembelajaran.Berdasarkan prasurvei di MI Al- Fatah panaragan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak diperoleh data yaitu masih rendahnya hasil belajar peserta didik.berdasarkan masalah tersebut maka solusinya adalah penulis mengajukan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL).

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas IV MI Al-Fatah panaragan ?

Adapun tujuan pnelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui belajar peserta didik kelas IV MI Al-Fatah panaragan dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). 2. Untuk mengetahui apa peyebab rendahnya hasil belajar peserta didik. 3. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar yang diperoleh peserta didik

Pengumpulan data dilakukan melalui tes ,observasi,dan dokumentasi. Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas IV MI Al-Fatah panaragan Tulang bawang Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 56.66% dan siklus II sebesar 81.66%, aktivitas tersebut mengalami peningkatan sebesar 25%.Hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 56.66%, pada siklus II 83.33%, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan sebesar 26.6%.Berdasarkan data tersebut penelitian dapat memberikan jawaban terhadap hipotesis tintakan dalam penelitian yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:50
Last Modified: 24 Jun 2025 06:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11207

Actions (login required)

View Item View Item