Sholekhah, Anisa Fitriana (2025) Pengaruh Strategi Marketing Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pembiayaan Musyarakah Mutanaqisah di BPRS Metro Madani. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
ANISA FITRIANA SHOLEKHAH_2103022001_PBS_2025.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran product, promotion dan process terhadap keputusan menjadi nasabah pembiayaan musyarakah mutanaqisah (MMQ) di BPRS Metro Madani. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena meningkatnya jumlah nasabah produk pembiayaan musyarakah mutanaqisah (MMQ) dalam waktu singkat, meskipun belum seluruh aspek strategi pemasaran dipahami secara utuh oleh nasabah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penyebaran kuesioner kepada 56 responden yang merupakan nasabah pembiayaan musyarakah mutanaqisah (MMQ).Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan data diolah menggunakan program SPSS 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel produk dan promosi berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah dengan hasil uji t variabel produk 2,995 > 2,00667 dan variabel promosi 2,542 > 2,00667, sedangkan variabel proses tidak berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai t hitung -1,463 < 2,00665. Secara simultan variabel produk, promosi, dan proses dengan hilai F hitung 11,446 > 2,78 dan sig 0,000 < 0,05 yang menunjukkan produk, promosi, dan proses secara simultan berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah pembiayaan musyarakah mutanaqisah.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Produk, Promosi, Proses, Keputusan Nasabah, Musyarakah Mutanaqisah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 07:50 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 07:50 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11212 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |