Putra, Sandi Buana Eka (2025) Manajemen Strategi Pelayanan Prima terhadap Peningkatan Kepuasan Anggota Tabungan Haji dan Umrah pada BMT Assafi’iyah Berkah Nasional Kantor Cabang di Pekalongan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
SANDI BUANA EKA PUTRA_1804101086_PBS_2025.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pengertian Manajemen strategi adalah proses berkelanjutan yang memastikan organisasi tetap selaras dan responsif terhadap perubahan lingkungan internal maupun eksternal. Pelayanan prima adalah upaya memberikan layanan terbaik demi memenuhi kebutuhan dan kepuasan anggota agar tetap loyal. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana kepuasan anggota Tabungan Haji dan Umrah terhadap pelayanan prima yang diberikan oleh pegawai BMT Assafi’iyah Berkah Nasional Kantor Cabang di Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan metode lapangan dengan sifat deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara kepada 6 informan dan dokumentasi, lalu akan dilakukan analisis data berdasarkan data wawancara. Setelah itu, data wawancara tersebut dianalisis dan diselaraskan dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini. Kemudian, data yang telah dianalisis dilakukan penarikan kesimpulan yang mampu menjawab pertanyaan penelitian.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pelayanan prima BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Pekalongan terbukti efektif meningkatkan kepuasan dan kepercayaan anggota tabungan haji dan umrah melalui informasi yang jelas, profesionalitas pegawai, dan proses yang mudah. Strategi pelayanan yang dijalankan selaras dengan prinsip syariah dan budaya kerja "Ceria", serta ditunjang oleh komitmen pimpinan dan pelatihan pegawai, sehingga mampu menjaga kualitas layanan secara berkelanjutan meskipun menghadapi tantangan karakter anggota yang beragam.
Kata Kunci: Pelayanan Prima, Kepuasan Jamaah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 07:23 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 07:23 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11221 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |