Dewi, Wenny Puspita (2025) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD N 8 Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
WENNY PUSPITA DEWI.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan masih rendahnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas V SD N 8 Metro Timur. Hal ini dikarenakan oleh banyak faktor, yaitu kurang aktif peserta didik dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang masih berpusat pada guru, dan kurangnya keberanian peserta didik dalam mengemukakan pendapat. Pada aspek penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini adalah menggunakan model pembelajaran konvensional.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain nonequivalent control group design. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji-t.
Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SD N 8 Metro Timur dibuktikan dengan hasil analisis uji t–test data signifikan 0,000 < 0,05. Hal ini diperkuat dari uji n- gain untuk kelas eksperimen memperoleh skor sebesar 1.0712 termasuk dalam kategori peningkatan tinggi dan untuk kelas kontrol sebesar -0,486 terjadi penurunan.
Kata Kunci: Model Discovery Learning, Motivasi Belajar, IPAS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ita Noviatiningsih . |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:14 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:14 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |