Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Banjarrejo

Ardian, Nadia Putri (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Banjarrejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of NADIA PUTRI ARDIAN_2101031022_PGMI_2025.pdf] PDF
NADIA PUTRI ARDIAN_2101031022_PGMI_2025.pdf - Other

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sejumlah permasalahan yang terjadi di SD Negeri 1 Banjarrejo, khususnya di kelas V. Berdasarkan permasalahan dari hasil belajar siswa yang relatif rendah terutama pada mata pelajaran matematika. Ditemukan bahwa proses pembelajaran siswa yang belum berjalan secara optimal. Pengetahuan siswa sebagian besar diperoleh melalui penjelasan guru, sementera proses pembelajaran yang diterapkan cenderung didominasi oleh guru. Kondisi ini menjadikan siswa pasif dan kesulitan dalam memahami materi yang abstrak. Memilih model pembelajaran yang menarik, yang dapat mengarahkan siswa untuk aktif, mudah dalam memahami materi dan membuat pembelajaran berpusat pada siswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran index card match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Banjarrejo.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen pre-eksperimental design tipe one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Banjarrejo. Peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Pada penelitian ini sampel yang peneliti gunakan berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes uraian yang terdiri dari 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji wilcoxon.

Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa model pembelajaran index card match berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Banjarrejo. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji wilcoxon dengan taraf signifikan (2-tailed) 0,001 < 0,05. Selain itu pengaruh model pembelajaran index card match ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 49,25 dan nilai rata-rata posttest sebesar 74,65. Dengan demikian model pembelajaran index card match ini berkontribusi dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Banjarrejo.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Index Card Match, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 28 Jun 2025 01:52
Last Modified: 28 Jun 2025 01:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11230

Actions (login required)

View Item View Item