Julia, Ersa Putri (2025) Pengaruh Persepsi dan Brand Image terhadap Keputusan Nasabah Menabung di BSI KCP Kedaton Bandar Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
ERSA PUTRI JULIA_2003021021_PBS_2025.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi dan brand image terhadap keputusan nasabah menabung di BSI KCP Kedaton Bandar Lampung. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pemahaman terhadap faktor-faktor yang mendorong keputusan masyarakat untuk memilih layanan perbankan syariah, di tengah persaingan ketat dengan bank konvensional.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 91 responden, dan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui kuesioner atau angket. Untuk memperoleh data variabel X1, X2 dan data variabel Y dengan menggunakan angket skala Likert. Metode asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji persamaan yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian Penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat menabung di BSI KCP Kedaton Bandar Lampung, dengan nilai koefisien sebesar 0,204 dan signifikansi 0,000. Semakin baik persepsi masyarakat terhadap reputasi, pelayanan, dan prinsip syariah bank, semakin tinggi kecenderungan untuk menabung. Selain itu, brand image juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung, ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,013 dan t hitung sebesar 2,536. Brand image yang positif, terutama dari aspek pelayanan, nilai religius, dan kenyamanan transaksi, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap BSI. Secara simultan, hasil uji F menunjukkan bahwa persepsi dan brand image bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung, dengan nilai signifikansi sebesar 0,020. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggabungan persepsi positif dan brand image yang kuat merupakan faktor penting dalam mendorong keputusan keuangan masyarakat.
Kata Kunci: Persepsi, Brand Image, Keputusan Menabung, Bank Syariah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 06:42 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 06:42 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11231 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |