Munawaroh, Anis Watun (2023) Implementasi Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa di SDN 1 Sri Pendowo Kecamatan Bangunrejo Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
ANIS WATUN MUNAWAROH_2071010007_PAI_2025.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pemilihan model pembelajaran yang tepat dalam proses kegiatan belajara mengajar dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar yang berlangsung secara efektif dan efisien. Di SDN 1 Sri Pendowo sebagian guru sudah pernah menggunakan beberapa model pembelajaran tetapi masih ada yang menggunakan gaya pengajaran konvensional sehingga hasil belajar PAI siswa masih sangat rendah. Data terakhir pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam kelas V yang berjumlah 20 orang, hanya 6 siswa atau 30% yang dapat mencapai atau melampaui KKM yaitu (70,00), sedangkan 14 siswa atau 70% belum bisa mencapai KKM (belum tuntas). Realita ini menunjukkan secara jelas ditemukannya permasalahan atau kesenjangan antara usaha maksimal guru agama dalam mengajar dengan rendahnya hasil belajar siswa.
Dari permasalahan tersebut maka rumusan masalahnya adalah “Apakah implementasi model pembelajaran Cooperatif Learning tipe STAD di SD Negeri 1 Sri Pendowo Kecamatan Bangunrejo Tahun 2023 dapat meningkatkan hasil belajar PAI Siswa di SD Negeri 1 Sri Pendowo Kecamatan Bangunrejo Tahun 2023?”, “Apakah efektifitas implementasi pembelajaran Cooperatif Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PAI Siswa di SD Negeri 1 Sri Pendowo Kecamatan Bangunrejo Tahun 2023?”
Dengan tujuan penulisan yaitu “Untuk mengetahui apakah implementassi model pembelajaran Cooperatif Learning Tipe STAD dapat Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa di SDN 1 Sri Pendowo Kecamatan Bangunrejo Tahun 2023”. “Untuk mengetahui apakah efektifitas implementasi Pembelajaran model Cooperatif Learning Tipe STAD dapat Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa di SDN 1 Sri Pendowo Kecamatan Bangunrejo Tahun 2023.”.Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Implementasi model pembelajaran Cooperatif Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan baik, hal ini dapat di buktikan dengan adanya peningkatan di setiap siklusnya sampai pada siklus ke IV dengan hasil yang sama dengan siklus III yang artinya pelaksanaan pembelajaran dengan metode STAD mengalami peningkatan dan mencapai titik jenuh penelitian sehingga dapat mempertahankan hasil belajar siswa. Sedangkan Efektifitas implementasi pembelajaran Cooperatif Learning tipe STAD sangat efektif di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar PAI. Sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Hal ini dibuktikan dari hasil uji signifikansi yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara nilai dari rata dari pre-test (70) dan post-test I (72), antara post-test I (72) dan post-test II (74), post-tes II (74) dan post-tes III (80), postes III (80) dan postes IV (80). Untuk melihat keberhasilan penelitian maka di lakukan Uji T hitung pada postes 1 dan postes 2 menghasilkan angka 0, 994, dan tingkat signifikansinya yaitu, 0, 000. Sedangkan hasil uji t hitung, -8, 816 nilai mutlaknya 8, 816, t tabel dari drajat kebebasan (df) = 19 yaitu, 1, 73, ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dari postes 1 ke postes 2. Karena t hitung > t tabel, atau dari sig (2-tailed) (0,000) < a (0,025). Hal ini menunjukkan ada peningkatan yang besar dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD. Sedangkan uji Thitung antara postes 2 dan postes 3 menghasilkan 0,999 dan tingkat signifikansinya yaitu, 0, 000. Sedangkan hasil uji t hitung, - 71, 413 nilai mutlaknya 71, 413 , t tabel dari drajat kebebasan (df) = 19 yaitu, 1, 73, ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dari Postes 1 ke postes 2. Karena t hitung > t tabel, atau dari sig (2-tailed) (0,000) < a (0,05). Hal ini menunjukkan ada peningkatan yang besar dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Efektifitas, Implementasi, STAD
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:41 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:41 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11236 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |