Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PPKN Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 28 Tulang Bawang Tengah

Dewi, Tri Tunggal (2025) Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PPKN Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 28 Tulang Bawang Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of TRI TUNGGAL DEWI_2101030029_PGMI_2025.pdf] PDF
TRI TUNGGAL DEWI_2101030029_PGMI_2025.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di kelas IVA SDN 28 Tulang Bawang Tengah, yakni terkait rendahnya hasil belajar yang siswa dapatkan masih di bawah KKTP yang ditentukan yaitu ≤77. Berdasarkan hasil prasurvey didapatkan bahwa penyebab rendahnya hasil belajar PPKn yakni siswa kurang berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran seperti siswa kurang memperhatikan guru ketika pembelajaran, pembelajaran masih bersifat konvensional, belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif sehingga siswa pasif dalam melakukan proses pembelajaran. Guna mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini menerapkan media audio visual sebagai solusinya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media audio visual pada mata pelajaran PPKn dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 8 Tulang Bawang Tengah.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitin dilakukan selama dua siklus selama enam kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini yaitu kelas IVA SDN 28 Tulang Bawang Tengah yang berjumlah 18 siswa dengan 6 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 yakni tes, observasi serta dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Setiap siklus melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi yang tujuannya untuk mengevaluasi peningkatan kemampuan setiap siswa.

Berdasarkan hasil analisis diketahui ketuntasan hasil belajar dengan menggunakan media audio visual mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil posttestt siklus I ketuntasan yang didapatkan sebanyak 10 siswa mencapai ketuntasan dengan persentase sebesar 55%. Sedangkan pada siklus II hasil posttest sebanyak 14 siswa mencapai ketuntasan dengan persentase sebesar 77%. Hasil analisis menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar pada siklus 1 ke siklus II yaitu sebanyak 22% . Hasil penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75% diakhir siklus. Hasil tersebut menyatakan bahwa dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran PPKn mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN 28 Tulang Bawang Tengah.

Kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar, PPKn, Penelitian Tindakan Kelas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:54
Last Modified: 02 Jul 2025 01:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11242

Actions (login required)

View Item View Item