Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Konformitas Teman Sebaya dan Price Discount : Membedah Pengaruhnya Terhadap Impulsif Buying Mahasiswa di Shopee

Nurnaimah, Anggi and Yunarti, Yuyun (2025) Konformitas Teman Sebaya dan Price Discount : Membedah Pengaruhnya Terhadap Impulsif Buying Mahasiswa di Shopee. El-mal Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis, 6 (7). ISSN 2620-295

[thumbnail of ANGGI NURNAIMAH_2103013002_ESY_2025.pdf] PDF
ANGGI NURNAIMAH_2103013002_ESY_2025.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Dalam era konsumsi yang semakin berkembang, mahasiswa menjadi salah satu kelompok yang rentan terhadap perilaku pembelian impulsif, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk konformitas teman sebaya dan diskon harga. Konformitas teman sebaya mendorong individu untuk menyesuai kan perila kunya dengan kelompok sosial demi diterima, sedangkan diskon harga digunakan sebagai strategi pemasaran untuk menciptakan urgensi dan meningkatkan daya tarik produk, yang keduanya dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya pembelian impulsif. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif . Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner menggunakan skala likert kepada responden. Sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan rumus Isaac dan Michael. Dari populasi yang berjumlah 767, diperoleh sampel sebanyak 256 responden. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda melalui uji asumsi klasik, termasuk uji validitas, normalitas, heteros kedastisitas, multi kolonieritas, dan auto korelasi, sebelum melanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Konformitas Teman Sebaya (X1) dan Price discount (X2) mempunyai pengaruh secara parsial terhadap pembelian impulsif (Y) lalu secara simultan menunjukan bahwa variabel Konformitas Teman Sebaya (X1) dan Price discount (X2) berpengaruh simultan terhadap Impulsif buying (Y).

Kata kunci: Perilaku Konsumen; Konformitas Teman, Price discount, Impulsif buying

Item Type: Article
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:57
Last Modified: 02 Jul 2025 04:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11244

Actions (login required)

View Item View Item