Irawan, Agung (2025) Dampak Eksistensi Platfrom Marketplace Tiktok Terhadap Penjualan UMKM di Pasar Lokal (Studi Khasus Pasar Cendrawasih Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
AGUNG IRAWAN_2003011003_ESY_2025.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dan tren belanja online telah mengubah pola konsumsi masyarakat, termasuk munculnya platform seperti TikTok Shop yang menawarkan kenyamanan berbelanja dengan harga yang lebih murah. Dampaknya, pasar tradisional seperti Pasar Cendrawasih mengalami penurunan pendapatan karena berkurangnya jumlah konsumen yang berbelanja secara langsung. Pedagang, terutama yang bergerak di sektor pakaian, sepatu, dan aksesoris, merasa kesulitan bersaing dengan harga dan kemudahan yang ditawarkan oleh platform online.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak eksistensi platform marketplace tiktok terhadap penjualan umkm di pasar lokal di Pasar Cendrawasih Kota Metro. Jenis dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yakni sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan TikTok TikTok Shop memberi dampak positif berupa peningkatan kualitas produk (ihsan), namun juga menimbulkan penurunan penjualan dan ketimpangan akses (‘adl). Diperlukan dukungan agar UMKM bisa beradaptasi secara adil sesuai prinsip bisnis Islam.
Kata Kunci: Eksistensi, Platfrom, Marketplace, Tiktok Shop, Penjualan, UMKM, Pasar Lokal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 05:06 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 05:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11247 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |