Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Usaha Pembibitan Bunga Bougenville di Tejosari 24 Metro Timur

Nuralim, Ahmad (2025) Strategi Pemasaran Usaha Pembibitan Bunga Bougenville di Tejosari 24 Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of AHMAD NURALIM_1804041005_ESY_2025.pdf] PDF
AHMAD NURALIM_1804041005_ESY_2025.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan pelaku usaha pembibitan bunga Bougenville di Tejosari 24 Metro Timur untuk menyesuaikan strategi pemasarannya dengan perkembangan teknologi dan perilaku konsumen modern. Media sosial menjadi pilihan utama dalam promosi karena dinilai lebih efektif menjangkau pasar secara luas dengan biaya yang efisien. Penelitian ini difokuskan untuk menjawab satu rumusan masalah, yaitu: bagaimana strategi pemasaran berbasis media sosial yang digunakan pada usaha pembibitan bunga Bougenville di Tejosari 24 Metro Timur.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pemilik usaha, pengurus pembibitan, bagian promosi, serta dua orang pelanggan. Selain itu, data pendukung seperti dokumentasi dan catatan penjualan turut dianalisis. Data yang terkumpul kemudian dikaji berdasarkan teori strategi pemasaran melalui media sosial yang terdiri dari tujuh tahapan utama.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran dilakukan melalui Facebook, dengan tahapan yang mencakup penentuan tujuan pemasaran, penargetan audiens, pemilihan platform, pengelolaan konten, interaksi dengan pelanggan, penggunaan iklan berbayar, dan evaluasi kinerja. Seluruh tahapan tersebut telah diimplementasikan secara kontekstual sesuai dengan kondisi usaha. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan jangkauan konsumen dan nilai penjualan, meskipun masih terdapat ruang pengembangan dalam hal segmentasi audiens dan pengukuran digital. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi pemasaran media sosial yang dijalankan telah berjalan cukup efektif dan sesuai dengan prinsip teori pemasaran yang relevan.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Media Sosial, Pembibitan, Bougenville,Facebook.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 02 Jul 2025 05:07
Last Modified: 02 Jul 2025 05:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11249

Actions (login required)

View Item View Item