Nishawati, Ririt Khoirun (2025) Pengaruh Lokasi Usaha dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Coffee at Bien. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Ririt Khoirun Nishawati_2103012030_ESY_2025.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi usaha dan kinerja karyawan terhadap kepuasan pelanggan pada Kafe Coffee At Bien. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda dan uji t, uji F, serta koefisien determinasi. Data diperoleh dari 334 responden. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data untuk mengetahui persepsi pelanggan terhadap lokasi dan kinerja karyawan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi usaha memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel kinerja karyawan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara bersama-sama, lokasi usaha dan kinerja karyawan memberikan pengaruh sebesar 21.7% terhadap kepuasan pelanggan. Sisanya, 78.3%, dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil tersebut, pemilik usaha disarankan untuk memperbaiki akses menuju lokasi usaha guna meningkatkan kenyamanan pengunjung. Selain itu, pembinaan terhadap karyawan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, terutama dalam komunikasi dengan pelanggan, sangat diperlukan. Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan tingkat kepuasan pelanggan dapat lebih ditingkatkan.
Kata kunci: Lokasi Usaha, Kinerja Karyawan, Kepuasan Pelanggan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 05:07 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 05:07 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11250 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |