Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas IV di SDIT Insan Mulia Kotagajah

Amelia, Vita (2025) Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas IV di SDIT Insan Mulia Kotagajah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of VITA AMELIA_2101032027_PGMI_2025.pdf] PDF
VITA AMELIA_2101032027_PGMI_2025.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di kelas IV B SDIT Insan Mulia Kotagajah, diketahui bahwa ada 43% siswa yang belum tuntas dalam nilai keterampilan menulis. Hal tersebut terjadi karena siswa kurang memahami tentang tata bahasa serta merasa kesulitan dalam mengembangkan imajinasinya. Oleh karena itu, masih ada siswa yang belum mencapai KKTP yang ditentukan. Adanya permasalahan tersebut peneliti berupaya meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa yang dilakukan di Kelas IV SDIT Insan Mulia Kotagajah.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan tes. Instrumennya menggunakan lembar observasi untuk memperoleh informasi dengan mengamati aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung, lembar kisi-kisi wawancara untuk studi pendahuluan yang dilakukan dengan guru dan siswa, dan lembar tes unjuk kerja untuk mengetahui keterampilan menulis yang di miliki oleh siswa.

Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture sebanyak 2 siklus dengan 6 kali pertemuan, keterampilan menulis siswa telah mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil keterampilan menulis siswa dapat dilihat dari hasil posttest pada siklus I dengan ketuntasan sebesar 25% dan posttest pada siklus II sebesar 81%. Dengan demikian hasil penelitiaan ini telah mencapai persentase yang telah ditentukan yaitu sebesar 75%. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dikelas IV B SDIT Insan Mulia Kotagajah.

Kata Kunci: Picture And Picture, Keterampilan Menulis, PTK

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:51
Last Modified: 02 Jul 2025 04:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11258

Actions (login required)

View Item View Item