Ariyani, Della (2025) Implementasi Metode Talaqqi dalam Program Menghafal Al-Qur’an Siswa di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
DELLA ARIYANI_ 2101011019_PAI_2025.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu bentuk upaya dalam menjaga keaslian, kemurnian, dan kelestarian kitab suci. Aktivitas ini adalah tanggung jawab yang sangat mulia dan dapat dilakukan oleh siapa saja, meskipun tidak semua orang mampu melakukannya secara optimal. berbagai faktor dapat memengaruhi keberhasilan dalam proses menghafal Al-Qur’an, salah satunya adalah penerapan metode yang sesuai. Oleh karena itu, pemilihan metode yang tepat sangatlah penting, dan salah satu metode yang banyak digunakan adalah metode talaqqi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) implementasi metode talaqqi dalam program menghafal Al-Qur’an siswa di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro,2) faktor pendukung implementasi metode dalam program menghafal Al-Qur’an siswa di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro, 3) faktor penghambat implementasi metode dalam program menghafal Al-Qur’an siswa di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, obrservasi dan dokumentasi. Kemudian untuk menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Selanjutnya untuk memudahkan penganalisan daya, peneliti awalnya mereduksi data, kemudian menyajikan data, dan yang terakhir adalah membuat kesimpulan.
Kesimpulan dalam penelitan ini adalah implementasi metode talaqqi dalam program menghafal Al-Qur’an siswa di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang sudah bisa membaca dan menghafal Al-Qur’an dengan baik, fasih pengucapan makhrijul hurufnya dan tepat penerapan kaidah tajwidnya karena di bimbing langsung oleh guru. Adapun langkah-langkah yang digunakan; pertama guru membacakan ayat,siswa menirukan, lalu menghafal secara mandiri sebelum menyetorkan kembali dan evaluasi dilakukan dengan memperbaiki kesalahan hingga benar. Faktor pendukung dalam implementasi metode talaqqi antara lain; adanya guru pengampu yang memiliki kualitas dan kompetensi dalam membaca Al-Qur’an, adanya motivasi yang kuat dari guru, dan jam tambahan dari pihak sekolah. Faktor penghambat dalam implementasi metode talaqqi antara lain; kurangnya jam tahfidz dikelas, latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda serta kurangnya kontribusi dari orangtua dalam membimbing anak untuk menghafal Al-Qur’an.
Kata Kunci: Metode Talaqqi, Menghafal, Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 04:08 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 04:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |