Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Reading Guide terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas V di SDN 09 Metro Pusat

Fajriati, Emilia (2025) Pengaruh Metode Reading Guide terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas V di SDN 09 Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Emilia Fajriati_2101031007_PGMI_2025.pdf] PDF
Emilia Fajriati_2101031007_PGMI_2025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN 09 Metro Pusat, yang ditandai dengan hanya 37% siswa yang mencapai nilai di atas (KKTP) Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, diketahui bahwa meskipun guru telah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, hasil belajar siswa belum optimal. Kurangnya minat baca, ketidaktertarikan siswa terhadap materi bacaan, serta kurangnya partisipasi aktif dalam kegiatan membaca menjadi faktor rendahnya hasil belajar tersebut. Oleh karena itu, diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa secara lebih aktif dan bermakna.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen jenis One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 09 Metro Pusat yang berjumlah 19 siswa.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, hasil data dianalisis menggunakan uji statistik inferensial dengan bantuan program SPSS versi 27.

Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan antara hasil pretest dan posttest, yang mengindikasikan adanya pengaruh positif metode Reading Guide terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sehingga uji-t dapat digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Reading Guide memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Kata Kunci: Reading Guide, Membaca Pemahaman, Strategi Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 07 Jul 2025 01:18
Last Modified: 07 Jul 2025 01:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11276

Actions (login required)

View Item View Item