Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Tangible Dan Realibility Fasilitas Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi Dosen Dan Pegawai Febi Intitut Agama Islam Negeri Metro)

Nafisyah, Viki Asyiyatun (2025) Pengaruh Tangible Dan Realibility Fasilitas Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi Dosen Dan Pegawai Febi Intitut Agama Islam Negeri Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Viki Asyiyatun Nafisyah_2103021042_PBS_2025docx - Viki Asyiyatun Nafisyah.pdf] PDF
Viki Asyiyatun Nafisyah_2103021042_PBS_2025docx - Viki Asyiyatun Nafisyah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di era digital saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mendorong inovasi dalam layanan perbankan, termasuk melalui platform Mobile Banking. Bank Syariah Indonesia (BSI) menghadirkan layanan BSI Mobile atau Byon by BSI yang memudahkan nasabah dalam membuka rekening online serta mengakses produk keuangan syariah seperti tabungan haji dan pembiayaan. Adapun di lingkup dosen dan pegawai FEBI IAIN Metro juga menggunkan Mobile Banking atau byond by BSI

Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu Tangible (bukti fisik) dan Reliabiliti (keandalan) fasilitas Mobile Banking dan variabel dependen yaitu terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) di lingkungan dosen dan pegawai FEBI IAIN Metro.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 64 dan sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik sampel probability yakni proportional random sampling. Analisis data dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS Statistics versi 25

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Tangible berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai t hitung 5,441 > t tabel 1,687 dan P-value 0,000 < 0,05. Variabel Realibility juga menunjukkan pengaruh signifikan dengan t hitung 3,223 > t tabel 1,687 dan P-value 0,003 < 0,05. Secara simultan, kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, dibuktikan dengan nilai F hitung 36,229 > F tabel 3,25 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan aspek Tangible dan Realibility pada layanan Mobile Banking BSI dapat meningkatkan kepuasan nasabah, khususnya di kalangan dosen dan pegawai FEBI IAIN Metro.

Kata Kunci: Mobile Banking, Tangible, Realibility, Kepuasan Nasabah, Bank Syariah Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:05
Last Modified: 08 Jul 2025 02:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11288

Actions (login required)

View Item View Item