Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Berkebinekaan Global dan Perilaku Sosial Peserta Didik di SD Muhammadiyah Metro Pusat

Octaviana, Clara (2025) Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Berkebinekaan Global dan Perilaku Sosial Peserta Didik di SD Muhammadiyah Metro Pusat. Masters thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of CLARA OCTAVIANA 2371010004_PAI_2025.pdf] PDF
CLARA OCTAVIANA 2371010004_PAI_2025.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi kurikulum merdeka terhadap berkebinekaan global dan perilaku social peserta didik di sd muhammadiyah metro pusat. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pembentukan profil pelajar Pancasila yang berkarakter inklusif dan toleran dalam konteks keberagaman budaya dan sosial. Kurikulum Merdeka dipandang sebagai strategi pembelajaran yang mampu mengembangkan nilai-nilai kebinekaan dan perilaku sosial peserta didik melalui pendekatan pembelajaran yang fleksibel, partisipatif, dan berpusat pada peserta didik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah peserta didik SD Muhammadiyah Metro Pusat yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta dianalisis menggunakan regresi linear sederhana untuk menguji hubungan antara variabel implementasi kurikulum merdeka dengan variabel berkebinekaan global dan perilaku sosial.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial (uji t) implementasi kurikulum merdeka berpengaruh secara signifikan terhadap berkebinekaan global dan perilaku sosial. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi masing-masing variabel yang lebih kecil dari 0,05. Berkebinekaan Global memberikan pengaruh positif dengan nilai koefisien 0,521 dan signifikansi 0,002. Sementara itu, Perilaku Sosial juga memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,755 dengan nilai signifikansi 0,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum merdeka memiliki kontribusi positif dan signifikan terhadap berkebinekaan global dan perilaku sosial.

Implikasi dari penelitian ini menegaskan perlunya penguatan pelaksanaan Kurikulum Merdeka secara konsisten dan menyeluruh, baik oleh pendidik maupun lembaga pendidikan, untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan karakter peserta didik secara holistik dalam menghadapi tantangan global.

Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka, Berkebinekaan Global, Perilaku Sosial

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:11
Last Modified: 08 Jul 2025 03:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11293

Actions (login required)

View Item View Item