Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Fenomena Fear of Missing Out Terhdap Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa di Kota Metro Dengan Prilaku Konsumsi Islam Sebagai Variabel Intervening

Maharani, Serlinovita (2025) Pengaruh Fenomena Fear of Missing Out Terhdap Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa di Kota Metro Dengan Prilaku Konsumsi Islam Sebagai Variabel Intervening. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Serlinovita Maharani_2103010068_ESy_2025.pdf] PDF
Serlinovita Maharani_2103010068_ESy_2025.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Fenomena meningkatnya penggunaan media sosial di kalangan Generasi Z mendorong munculnya kecenderungan Fear of Missing Out (FOMO), yaitu rasa takut tertinggal dari tren sosial atau aktivitas orang lain. Kondisi ini menimbulkan gaya hidup yang berorientasi pada kesenangan instan atau hedonisme, yang sering kali bertentangan dengan prinsip konsumsi dalam Islam. Di sisi lain, konsumsi Islami semakin marak digunakan sebagai simbol status religius sekaligus tren gaya hidup. Penelitian ini membahas tentang pengaruh Fear of Missing Out (FOMO), terhadap gaya hidup hedonisme generasi Z dengan perilaku konsumsi islam sebagai variabel intervening.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Fear of Missing Out (FOMO), terhadap gaya hidup hedonisme dengan perilaku konsumsi islam sebagai variabel intervening. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Stratified Random Sampling, dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) –SEM dengan menggunakan alat analisis data dengan SmartPLSM 4.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Fear of Missing Out (FOMO) berpengaruh langsung positif signifikan antara variabel Fear of Missing Out (FOMO) terhadap gaya hidup hedonisme generasi Z. Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan antara variabel Fear of Missing Out (FOMO) terhadap perilaku konsumsi Islam. Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan antara variabel perilaku konsumsi Islam terhadap gaya hidup hedonisme generasi Z. Terdapat pengaruh tidak langsung positif dan signifikan antara variabel Fear of Missing Out (FOMO), terhadap gaya hidup hedonisme generasi Z dengan perilaku konsumsi islam sebagai variabel intervening.

Kata Kunci: Fear of Missing Out, Gaya Hidup Hedonisme, Perilaku Konsumsi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:45
Last Modified: 08 Jul 2025 07:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11296

Actions (login required)

View Item View Item