Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Negara Bumi Udik

Nirmala, Meigita Ayu (2025) Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Negara Bumi Udik. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of MEIGITA AYU NIRMALA_2101032017_PGMI_2025.pdf] PDF
MEIGITA AYU NIRMALA_2101032017_PGMI_2025.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Keberhasilan dalam belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Metode pembelajaran yang kurang variatif dan masih bersifat konvensional sering kali menjadi penyebab kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang lebih inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan metode mind mapping. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran, dominannya metode pembelajaran satu arah yang membuat siswa pasif, keterbatasan kemampuan siswa dalam mengorganisasi dan memahami materi secara menyeluruh, serta hasil belajar yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: bagaimana pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar PKn siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Negara Bumi Udik?.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar PKn siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Negara Bumi Udik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah One Grup Preetest – Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Negara Bumi Udik yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang menggunakan uji normalitas dengan uji liliefors, uji N-Gain, dan uji hipotesis dengan uji t.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran mind mapping memiliki pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas IV di SD Negeri 1 Negara Bumi Udik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan tingkat ketuntasan belajar dari 67% pada pretest menjadi 90% pada posttest, serta nilai N-gain sebesar 0,6578 yang masuk dalam kategori cukup efektif. Selain itu, uji statistik menunjukkan nilai thitung (3,9388) yang lebih besar dari ttabel (2,0796), sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa Mind Mapping berpengaruh positif terhadap hasil belajar dapat diterima. Dengan demikian, metode pembelajaran Mind Mapping terbukti efektif dalam membantu siswa memahami materi norma dan aturan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:45
Last Modified: 08 Jul 2025 07:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11297

Actions (login required)

View Item View Item