Ulama, Husdan Randika (2025) Peranan Guru PAI dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Peserta Didik SMA Negeri 1 Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
HUSDAN RANDIKA ULAMA2101011040_PAI_2025.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan karakter religius zaman sekarang masih banyak peserta didik dalam berprilaku moralitas dan berkarakter yang dialami perseta didik masih terdapat kurang, ini terlihat banyaknya peserta didik yang tidak sopan kepada orang tua, guru maupun orang dewasa lainya, hal ini dibuktikan dengan pray- survei di SMA Negeri 1 Punggur, dengan data jumlah peserta didik dari kelas X hingga XII sebanyak 987 peserta didik. Dan ada beberapa peserta didik yang mengalami problem atau masalah yaitu berjumlah 395 atau (40%) peserta didik dari kelas X, XI, XII. Dari seluruh peserta didik tersebut, ada beberapa yang melakukan tindakan tidak terpuji seperti kurang sopan terhadap guru ketika proses pembelajaran berlangsung, kurangnya atusiasme dalam mengikuti kegiatan doa bersama dan sholat berjamaah, serta pegaruh dari teman sebaya. Dan tidak sebandingnya jumlah guru PAI dengan jumlah peserta didik, sehingga bimbingan dan pengawasan belum dapat menjangkau seluruh peserta didik secara merata. Adapun pertayaan penelitian ini adalah Bagaimana peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman nilai-nilai karakter religius peserta didik di SMA Negeri 1 Punggur. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Guru PAI dalam penanaman nilai-niai karkter religius peserta didik SMA Negeri 1 Punggur.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini meliputi Guru PAI, peserta didik, dan kepala sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan Guru PAI berhasil dalam menjalankan perananya dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Sebagai pembimbing, Guru PAI tidak hanya menyampaikan materi secara teoritis, tetapi juga membimbing siswa dalam pembiasaan ibadah seperti sholat dhuha dan dzuhur berjamaah. sebagai fasilitator, guru PAI mengembangkan program-program keagamaan seperti tahfiz juz 30, literasi Al-Qur’an, kegiatan Jumat ibadah, dan diskusi kelompok. Sebagai motivator, guru PAI menerapkan sistem kartu skor PAI yang mencatat kegiatan keagamaan peserta didik, guna memotivasi dan membiasakan tanggung jawab dalam kedisiplinan tugas-tugas yang diberikan. sebagai demonstrator juga tampak dalam keterlibatan aktif mereka dalam kegiatan keagamaan sekolah, seperti pelaksanaan salat berjamaah, peringatan hari besar Islam, serta program hafalan Al-Qur’an.
Kata Kunci: Peranan Guru PAI, Nilai Karakter Religius, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:46 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:46 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |