Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Model Direct Instruction Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Banding Sukadana Tahun Pelajaran 2012/2013

MUSIR, A.A.I (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Model Direct Instruction Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Banding Sukadana Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro.

[thumbnail of A.A.I. MUSIR_0956215_PGMI_2013.pdf] PDF
A.A.I. MUSIR_0956215_PGMI_2013.pdf - Other

Download (12MB)

Abstract

Proses pembelajaran di kelas tidak terlepas dari banyaknya masalah yang muncul. Salah satu masalah yang muncul adalah rendahnya hasil belajar siswa. Sebagai contoh, pada bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV MI Miftahul Huda Banding Sukadana yang ditandai dengan 27,59% siswa belum tuntas hasil belajarnya. Belum tuntasnya hasil belajar ini dipengaruhi oleh faktor metode pembelajaran yang dipergunakan monoton, fasilitas belajarnya kurang memadai, dan guru yang menyampaikan materinya kurang dipahami oleh sebagian siswa.

Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan upaya peningkatan hasil belajar kelas IV MI Miftahul Huda Banding Sukadana Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 29 siswa pada materi perubahan kenampkan bumi dan benda langit dengan menerapkan model Direct Intruction. Model Direct Intruction ini mendorong siswa untuk mengembangkan berbagai kemampuan yang dimilikinya secara optimal melalui perintah-perintah yang diberikan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK ) dengan melakukan proses pembelajaran 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Materi pelajaran yang dipilih adalah perubahan kenampakan bumi dan benda langit.

Satu tahapan siklus pembelajaran meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV semester genap MI Miftahul Huda Banding Sukadana Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013, sebanyak 29 siswa.

Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian dengan menggunakan model Direct Intruction memberikan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,86 yang kemudian terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 77,48.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan model Direct Intruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Huda Banding Sukadana Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:55
Last Modified: 09 Jul 2025 06:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11304

Actions (login required)

View Item View Item