Shodik, Ahmad (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Al-Quran-Hadits Dengan Menggunakan Metode Drill (Latihan) Siswa Kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Merbo Rajabasa Baru Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo Metro.
![]() |
PDF
AHMAD SHODIK_0956295_PGMI_2013.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
PDF
AHMAD SHODIK_0956295_PGMI_2013 (1).pdf - Other Download (532kB) |
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti di MI Tarbiyatul Athfal Merbo Rajabasa Baru Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur, kegiatan pembelajaran Al-Qur'an-Hadits khusus materi menerjemahkan surat-surat pendek tidak terlepas dari banyaknya masalah yang muncul. Salah satu masalah yang muncul adalah rendahnya hasil belajar siswa. Sebagai contoh, ditandai dengan 12 atau 60% siswa dari jumlah keseluruhan yang ada 20 balum tuntas hasil belajarnya. Belum tuntasnya hasil belajar ini dipengaruhi oleh faktor metode pembelajaran yang dipergunakan oleh guru kurang menarik dan cenderung monoton, guru menjelaskan materi setelah itu siswa diberi tugas untuk berlatih sendiri, fasilitas belajar kurang memadai. Atas dasar inilah, maka peneliti akan melakukan penelitian lebih lanjut berkenaan dengan penerapan metode drill yang dilakukan secara optimal, sehingga diperoleh peningkatan hasil belajar AL-Quran Hadits di MI Tarbiyatul Athfal.
Berdasarkan identifikasi dan batasan masalah di atas permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut;
Apakah dengan menggunakan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an-Hadits siswa kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Merbo Rajabasa Baru Mataram Baru Lampung Timur tahun pelajaran 2012/2013.
Objek dalam penelitian ini adalah mata pelajaran Al-Qur'an-Hadits dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan apakah dengan menggunakan metode drill (latihan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an-Hadits.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dengan manggunakan metode drill memberikan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60% dan siklus II meningkat menjadi 85%.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar Al-Quran Hadits siswa kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Merbo Rajabasa Baru Mataram Baru Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 07:36 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 07:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11305 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |