Kurniana, Kurniana (2014) Penerapan Metode Inquiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Al-Qur'an Hadits Pada Peserta Didik Kelas IV di MI AL Islami Bujuk Agung Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro.
![]() |
PDF
KURNIANA_0956955_PGMI_2014.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran dengan pendekatan metode Inkuiri nampaknya cocok digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Al Quran Hadits. Sebagai salah satu usaha untuk mengatasi permasalahan suasana kelas yang perlu dikembangkan kerjasama antar siswa, membantu siswa memperoleh pengetahuan, dan sikap secara aktif dengan metode Inquiri agar dapat meningkatkan hasil belajar Al Quran Hadits. Berdasarkan pra survey mata pelajaran Al Quran Hadits di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Islami Bujuk Agung Tulang Bawang Sebagai salah satu usaha untuk mengatasi permasalahan tentang suasana kelas yang perlu dikembangkan kerjasama antar siswa, membantu siswa memperoleh pengetahuan, dan sikap secara aktif dengan pendekatan metode Inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas tiap siklus terdiri dari: (1) Perencanaan, untuk mengidentifikasi masaiah dan merencanakan kegiatan pembelajaran serta menyusun instrumen penelitian; (2) Pelaksanaan, yaitu melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Al Quran Hadits; (3) Pengamatan, yaitu pengambilan data melalui lembar observasi dan tes hasil belajar; (4) Refleksi, yaitu menganalisis hasil pengamatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar Al Quran Hadits? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar Al Quran Hadits. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar siswa dengan menggunakan tes, dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan belajar siswa, serta dokumentasi. Metode analisis data menggunakan rumus ratarata dan persentase. Dilihat dari rata-rata hasil belajar terjadi peningkatan yang ditunjukkan dari rata-rata nilai pada siklus I adalah 56,64 menjadi 62,5 pada siklus II adalah 59,47 menjadi 68,9. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 9,34. Dari hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata presentase aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 56,6%. dan siklus II adalah 62,2% Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 5,83% Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Inkuiri dalam mata pelajaran Al Quran Hadits dapat meningkatkan aktivitas siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 08:58 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 08:58 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |