Istiana, Lia (2013) Penerapan Metode Inquiry dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN l Tempuran Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro.
![]() |
PDF
LIA LISTIANA_0951905_PGMI_2013.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Kegiatan pembelajaran di sekolah bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik dan mempersiapkan menghadapi masa depan yang lebih baik. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, salah satu ukuran berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar dapat dilihat dari activitas belajar dan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran yang berlangsung. Namun pada kenyataannya hal tersebut belum sepenuhnya terwujud karena pada kenyataannya aktivitas dan hasil belajar yang dicapai siswa kelas V SDN I Tempuran Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah masih rendah dan belum seperti yang diharapkan. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa kelas V SDN I Tempuran ini dikarenakan beberapa masalah yang terjadi saal pembelajaran terutama yang berhubungan dengan penggunaan metode dalam pembelajaran dimana penggunaan buku masih mendominasi dalam proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode inquiry dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V SDN l Tempuran tahun pelajaran 2012/2013?. Adapun tujuan penulisan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah digunakan metode inquiry pada mata pelajaran IPA kelas V SDN I Tempuran Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013.
Pengumpulan data dalam penggunaan media peta ini berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivilas belajar siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan tindakan.
Dari hasil penelitian ini dapal ditarik kesimpulan sebagai berikut: penggunaan metode inquiry dapat rneningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kclas V SDN I Tempuran. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata rata aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 64,89% dan pada siklus H meningkat menjadi 76,37%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I tingkat ketuntasan sebesar 60% dan pada siklus Il meningkat menjadi 86,67 %, dalam hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 26,67%. Dengan nilai N-gain pada siklus I sebesar 0,34 dan pada siklus JI sebesar 0,47 maka terjadi peningkatan scbasar 0,13.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 08:44 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 08:44 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |