Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur'an Hadits Kelas VI Dengan Menggunakan Media Card Sort di MI Mathla'ul Anwar Kebumen Kec. Pugung Kab. Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013

Markistiani, Markistiani (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur'an Hadits Kelas VI Dengan Menggunakan Media Card Sort di MI Mathla'ul Anwar Kebumen Kec. Pugung Kab. Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro.

[thumbnail of MARKISTIANI_0957105_PGMI_2013.pdf] PDF
MARKISTIANI_0957105_PGMI_2013.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu indikasi keberhasilan proses belajar mengajar dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh saat tes dilakukan. Dan salah satu yang menentukan keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah kemampuanya dalam penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan prasurvey yang dilakukan pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas VI di MI. Mathla'ul Anwar Kebumen dijumpai bahwa hasil belajar pada mata pelajaran tersebut masih rendalı, hal ini dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian masih dibawah Keriteria Ketuntasan Minimal (KKМ) sebesar 67. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas VI di MIMA. Kebumen tahun pelajaran 2012/2013, sebanyak 27 peserta didik pada materi surah Al-Bayyinah dengan menggunakan media Card Sort. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan media Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur'an Hadits Kelas VI di MIMA. Kebumen Kec. Pugung Kab. Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013? Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah penggunaan media Card Sort dapat meningkatkan Hasil belajar Al-Qur'an Hadits kelas VI di MIMA. Kebumen Kec. Pugung Kab. Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer. Pembelajaran dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Setiap siklus mempunyai tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi aktifitas peserta didik dalam menyusun media Card Sort, serta keterampilan guru dalam menyampaikan dan mempersiapkan media pembelajaran. Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: media Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI di MIMA. Kebumen, hal ini dapat dilihat dari rata-rata prosentase hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 55,56% dan siklus II 85,19%, mengalami peningkatan sebesar 29,63%. Sedangkan terhadap keterampilan guru dalam proses pembelajaran dapat dilihat dari rata-rata prosentase pada siklus I sebesar 64% dan siklus II 82% mengalami peningkatan sebesar 18%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan media Card Sort pada pembelajaran mata pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas VI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di MIMA. Kebumen tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 09 Jul 2025 08:44
Last Modified: 09 Jul 2025 08:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11312

Actions (login required)

View Item View Item