Janah, Masrotul (2012) Penggunaan Metode Diskusi untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS Siswa Kelas V MI Nurul Ihsan Bumi Nabung Timur Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro.
![]() |
PDF
MASROTUL JANNAH_0843905_PGMI_2012.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang di.lakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah di.rumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Namun dalam mencapai tujuan pembelajaran guru sering di hadapkan pada permasalahan-permasalahan di lapangan khususnya pada mata pelajaran JPS. Pennasalahan ini terjadi di Ml Nurul Thsan Bumi Nabung Timur antara lain siswa merasa kurang tertarik dalam proses pembelajaran sehingga mengakibatkan kejenuhan dalam belajar, masih banyak siswa yang terlihat pasif setiap mengikuti pelajaran IPS, tidak adanya aktivitas yang dilakukan untuk meningkatkan semangat belajar siswa dan guru dalam penggunaan metode kurang bervariasi hanya menggunakan metode dekte. Untuk itu perlu adanya tindakan untuk memperbaik.i proses belajar mengajar di kelas.
Tindakan yang harus dilakukan adalah berupa Penelitian Tindakan Kelas dengan melalui penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Rumusan masalah adalah apakah metode diskusi dapat meningkatkan basil belajar siswa kelas V mata pelajaran JPS Ml Nurul Thsan Bumi Nabung Timur pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012?, adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan basil belajar siswa pada mata pelajaran JPS siswa kelas V :MI Nurul Ihsan Bumi Nabung Timur dengan menggunakan metode diskusi.
Teknik pengwnpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi untuk mengetahui aktifitas siswa, tes basil belajar untuk mengukur basil belajar siswa, dokumentasi digunakan untuk melakukan analisis profil dan analisis daftar n:ilai siswa. Adapun analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan rum.us rata-rata dan presentase.
Berdasarkan analisis penelitian ini, dapat diketahui bahwa dengan penggunaan metode diskusi aktivitas dan basil belajar siswa mengalami peningk:atan dari sikJus I dan siklus Il. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 65,52 dan pada siklus II mencapai 74,41 sehingga mengalami peningkatan 8,89%. Kemudian pada basil belajar siswa pada siklus I sebesar 59,09 dan pada siklus I1 mencapai 72,72 dengan peningkatan 13,63%. Dari basil analisis dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan basil belajar pada mata pelajaran JPS pada siswa kelas V MI Nurul Ihsan Bumi Nabung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 08:27 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 08:27 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11313 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |