Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V MI Nurul Ihsan Bumi Nabung Timur Kabupaten Lampung Tengаh Таhun Pelajaran 2011/2012

Jannah, Masrotul (2012) Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V MI Nurul Ihsan Bumi Nabung Timur Kabupaten Lampung Tengаh Таhun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro.

[thumbnail of MASROTUL JANNAH_0843905_PGMI_2012.pdf] PDF
MASROTUL JANNAH_0843905_PGMI_2012.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Namun dalam mencapai tujuan pembelajaran guru sering di hadapkan pada permasalahan-permasalahan di lapangan khususnya pada mata pelajaran IPS. Permasalahan ini terjadi di MI Nurul Ihsan Bumi Nabung Timur antara lain siswa merasa kurang tertarik dalam proses pembelajaran sehingga mengakibatkan kejenuhan dalam belajar, masih banyak siswa yang terlihat pasif setiap mengikuti pelajaran IPS, tidak adanya aktivitas yang dilakukan untuk meningkatkan semangat belajar siswa dan guru dalam penggunaan metode kurang bervariasi hanya menggunakan metode dekte. Untuk itu perlu adanya tindakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Tindakan yang harus dilakukan adalah berupa Penelitian Tindakan Kelas dengan melalui penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Rumusan masalah adalah apakah metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS MI Nurul Ihsan Bumi Nabung Timur pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012?, adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V MI Nurul Ihsan Bumi Nabung Timur dengan menggunakan metode diskusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi untuk mengetahui aktifitas siswa, tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar siswa, dokumentasi digunakan untuk melakukan analisis profil dan analisis daftar nilai siswa. Adapun analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan rumus rata-rata dan presentase. Berdasarkan analisis penelitian ini, dapat diketahui bahwa dengan penggunaan metode diskusi aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 65,52 dan pada siklus II mencapai 74,41 sehingga mengalami peningkatan 8,89%. Kemudian pada hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 59,09 dan pada siklus II mencapai 72,72 dengan peningkatan 13,63%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V MI Nurul Ihsan Bumi Nabung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 09 Jul 2025 08:27
Last Modified: 09 Jul 2025 08:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11314

Actions (login required)

View Item View Item