Nurlela, Nurlela (2013) Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI Islamiyah Bungkuk Kec. Marga Sekampung Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro.
![]() |
PDF
Nurlela_0957355_PGMI_2013.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Tidak tercapainya KKM merupakan wujud dari rendahnya hasil belajar siswa ketika proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar IPA siswa ini diketahui dari banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebanyak 66% siswa. Dalam hal ini guru sudah menggunakan berbagai metode pembelajaran seperti ceramah dan pemberian tugas, akan tetapi sebagian besar siswa cenderung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Hanya sebagian kecil siswa yang aktif dan semangat dalam belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan upaya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Islamiyah Bungkuk Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 29 siswa. Penelitian ini dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus-siklus tindakan, yang berlangsung sebanyak 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas belajar dan tes untuk hasil belajar. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup aktif dengan rata-rata persentase 59,78%, siklus II kualifikasi aktif dengan rata-rata persentase 72,05% dan pada siklus III menjadi sangat aktif dengan rata-rata persentase 81,37%. Hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus I yaitu sebesar 62,96% dengan rata-rata nilai 56,11, siklus II menjadi 74,07% dengan nilai rata-rata 66,11 dan pada siklus III meningkat menjadi 88,89% dengan rata-rata nilai menjadi 74,67. Peningkatan nilai rata-rata yang terjadi antara siklus I ke siklus II sebesar 10 dan siklus II ke siklus III sebesar 8,56. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan penggunaan model pembelajaran Koperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Islamiyah Bungkuk Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 08:27 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 08:27 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11316 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |