Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Media Audio-Visual (LCD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Banjarrejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Hidayat, Roni (2014) Penggunaan Media Audio-Visual (LCD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Banjarrejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro.

[thumbnail of RONI HIDAYAT_0952165_PGMI_2014.pdf] PDF
RONI HIDAYAT_0952165_PGMI_2014.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses pembelajaran di sekolah terlihat kurangnya kreativitas siswa dalam pembelajaran di kelas, terutama dalam pembelajaran IPS. Masih banyak siswa yang kurang aktif dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran, masih banyak siswa yang tidak memperhatikan guru menjelaskan materi dan sering kali diberi kesempatan untuk bertanya siswa hanya berdiam, sementara siswa belum memahami materi yang disampaikan guru.

Oleh karena itu rumusan masalah, dalam penelitian ini adalah: Apakah pembelajaran dengan menggunakan Media Audio-Visual (LCD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SD Negeri 3 Banjarrejo ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial setelah mengikuti pelajaran dengan Media Audio-Visual (LCD) pada siswa kelas IV semester ganjil SD Negeri 3 Banjarrejo Tahun Pelajaran 2013/2014.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang sudah di laksanakan pada 2 siklus, masing-masing siklus tiga kali pertemuan, objek tindakan penelitian ini kelas IV SD Negeri 3 Banjarrejo, dengan jumlah 27 siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan materi "koperasi". Pengumpulan data dalam penerapan Media Audio-Visual (LCD) ini dilakukan melalui lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Berdasarkan data hasil penelitian didapat pada siklus I sebesar 60,62% dan hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 62,96%. Pada siklus II aktivitas siswa menjadi 77,65% dengan ketegori tuntas, dan hasil belajar siswa dalam belajar menjadi 81,48% dengan kategori tuntas. Kesimpulan Media Audio-Visual (LCD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Banjarrejo Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:54
Last Modified: 09 Jul 2025 06:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11318

Actions (login required)

View Item View Item