Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar PKn Melalui Penggunaan Metode Resitasi Pada Siswa Kelas IV SD N 1 Bulusari Bumiratu Nuban Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013

Rumini, Rumini (2013) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar PKn Melalui Penggunaan Metode Resitasi Pada Siswa Kelas IV SD N 1 Bulusari Bumiratu Nuban Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro.

[thumbnail of RUMINI_0952175_PGMI_2013.pdf] PDF
RUMINI_0952175_PGMI_2013.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Hambatan dalam proses pembelajaran PKn di kelas IV SDN I Bumiratu Nuban Lampung Tengah adalah disebabkan karena kegiatan pembelajaran selama ini hanya berpusat kepada guru dengan didominasi oleh kecenderungan metode ceramah dan penugasan, sehingga siswa tidak terlibat secara aktif dan berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah "Apakah penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN I Bulusari Bumiratu Nuban Lampung Tengah dalam pelajaran PKn Tahun Pelajaran 2012/2013?". Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode resitasi dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV SDN I Bulusari Bumiratu Nuban Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang di dalamnya terdapat dua siklus. Pengumpulan data dalam metode resitasi ini berupa lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap metode restasi. Tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran PKn mengenai sikap kita terhadap globalisasi. Lembar dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa sejarah lokasi penelitian dan lain-lain. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN I Bulusari Bumiratu Nuban Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013, hal ini dapat dilihat dari rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dalam siklus I sebesar 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Dalam hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 35% meningkatnya hasil belajar siswa sebagai bukti bahwa metode resitasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam hal ini telah diakui oleh guru bidang studi PKn kelas IV SDN I Bulusari Bumiratu Nuban Lampung Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:27
Last Modified: 09 Jul 2025 07:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11319

Actions (login required)

View Item View Item