Sakdiyah, Sakdiyah (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Metode Drill Siswa Kelas V MI Darul Ulum Sumberreјo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro.
![]() |
PDF
SAKDIYAH_0957555_PGMI_2013.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Proses belajar mengajar di sekolah bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik dan mempersiapkan diri dalam menghadapi masa depan yang lebih baik. Sehubungan dengan hal tersebut salah satu ukuran berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar dapat di lihat dari pemahaman dan hasil belajar yang di peroleh siswa setelah mengikuti metode yang di gunakan guru dalam proses pembelajaran. Tujuan Penelitian ini meningkatkan hasil belajar bahasa inggris melalui metode drill siswa kelas V MI Darul Ulum Sumberrejo tahun pelajaran 2012/2013 dengan mendeskripsikan (1) Proses perencanaan pembelajaran (2) Proses pelaksanaan pembelajaran (3) Proses mengevaluasi Pembelajaran. Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi,pengukuran tes hasil belajar, dan angket. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil tes individual pada post tes siklus I, dan post tes siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, mulai dari tingkat keberhasilan post test siklus I sebesar 83% atau sebanyak 19 siswa dari 22 peserta tes yang dinyatakan lulus. Sedangkan yang gagal sebanyak 3 siswa atau sebesar 17%. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode drill selama dua pertemuan. Kemudian siklus II meningkat menjadi 90% atau sebanyak 20 siswa dari 22 peserta tes yang dinyatakan lulus. Sedangkan yang gagal sebanyak 2 siswa atau sebesar 10%. Terjadinya peningkatan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II sebanyak 1 orang atau 7% sehingga hal ini menunjukkan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar bahasa inggris melalui metode drill siswa kelas V MI Darul Ulum Sumberrejo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 07:17 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 07:17 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11320 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |