Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metodе Соореrative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Devision) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri I Sukoharjo Kec. Sekampung Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013

Mutoharoh, Siti (2013) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metodе Соореrative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Devision) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri I Sukoharjo Kec. Sekampung Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro.

[thumbnail of SITI MUTOHAROH_0952255_PGMI_2013.pdf] PDF
SITI MUTOHAROH_0952255_PGMI_2013.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Adanya permasalahan yang terjadi di dalam kelas di antaranya kemampuan pemahaman matematika siswa yang rendah, pembelajaran yang kurang inovatif, kurang antusiasnya siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar yang rendah hal tersebut merupakan tugas guru untuk menemukan cara dalam meningkatkan hasil belajar siswa di dalam pembelajaran. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, maka guru harus mampu memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat memberdayakan dan menggali kreativitas, bakat, minat serta potensi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah dengan penggunaan metode cooperative learning tipe stad dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN I Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran cooperative learning tipe stad terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi,metode interview dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa setelah metode cooperative learning tipe stad diterapkan aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 36,67% dan pada siklus II sebesar 76,67%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 40%. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa metode cooperative learning tipe stad dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, pada materi pecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:09
Last Modified: 09 Jul 2025 07:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11321

Actions (login required)

View Item View Item