Nikmаh, Ulfatu (2013) Penggunaan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI Ma'arif 9 Taman Fajar Tahun 2012/2013. Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro.
![]() |
PDF
ULFATUL NIKMAH_0952335_PGMI_2012.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran matematika adalah proses pemberian pengalaman belajar kepada siswa melalui serangkaian kegiatan yang terencana sehingga siswa memperoleh kompetensi tentang bahan matematika yang mereka pelajari. Dalam pembelajaran matematika keaktifan siswa merupakan persoalan penting dan mendasar yang harus dipahami, disadari, dan dikembangkan oleh setiap guru, karena aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika akan berpengaruh pada hasil belajar siswa itu sendiri. Berdasarkan prasurvey di MI Ma'arif 9 Taman Fajar diperoleh data yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Berdasarkan masalah tersebut maka solusinya adalah penulis mengajukan penggunaan metode pembelajaran yaitu metode Problem Solving. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan Metode Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma'arif 9 Taman Fajar Tahun Pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV MI Ma'arif 9 Taman Fajar Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, test, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan persentase rata-rata. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian dapat diketahui dengan menggunakan metode Problem Solving, aktivitas siswa mengalami peningkatan, Pada siklus I aktivitas siswa mencapai 72.2% dan pada siklus II mencapai 82.8%, peningkatannya sebesar 10.6%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa belum mencapai target (75% siswa yang hasil belajarnya tuntas), yaitu hanya 62.86% Dan pada siklus II sudah mencapai target yaitu 80%, peningkatannya sebesar 17.14%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika MI Ma'arif 9 Taman Fajar Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 07:09 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 07:09 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11322 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |