Jannah, Dewi Roikhatul (2025) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir Siswa dalam Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Punggur Kelas VIII. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Dewi Roikhatul Jannah _2101012014_PAI_2025.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas berpikir siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 Punggur kelas VIII. Kreativitas berpikir mencakup kemampuan berpikir lancar (fluency), luwes (flexibility), orisinal (originality), elaboratif, serta evaluatif. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen, melibatkan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing terdiri atas 34 siswa.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t independen dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05, yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode Mind Mapping dan peningkatan kreativitas berpikir siswa. Meskipun terdapat perbedaan skor rata-rata antara kelas eksperimen dan kontrol, perbedaan tersebut tidak signifikan secara statistik. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode Mind Mapping belum mampu memberikan dampak berarti terhadap pengembangan kreativitas berpikir siswa dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merekomendasikan agar metode tersebut dipadukan dengan strategi pembelajaran aktif lainnya serta mempertimbangkan faktor internal siswa dan konteks pembelajaran untuk mencapai hasil yang lebih optimal.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Mind Mapping, Kreativitas Berpikir
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 08:28 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 08:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |