Ma’sum, Yusuf Ali (2025) Implikasi Label Halal dan Label BPOM pada Keputusan Pembeli Produk Makanan Kemasan (Studi pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Yusuf Ali Ma'sum_1903011131_ESY_2025.pdf Download (2MB) |
Abstract
Label halal dan label bpom merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan masyrakat. Keduan-duanya memiliki tugas yang sama yakni melindungi konsumen. memilih produk makanan yang memiliki label halal dan label BPOM menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi konsumen dalam memilih produk makanan. Berdasarkan uraian diatas maka dapat dirumuskan masalah secara parsial apakah label halal berimplikasi pada keputusan pembeli produk makanan kemasan pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah IAIN Metro? Apakah label BPOM berimplikasi pada keputusan pembelian produk makanan kemasan pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah IAIN Metro? Apakah label halal dan label BPOM berimplikasi pada keputusan pembelian produk makanan kemasan pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah IAIN Metro?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan sesuatu data deskriptif kualitatif, untuk penyusunan dilakukan nya proses penelitian teori-teori yang diambil sesuai dengan fakta yang ada di lapangan dengan apa adanya. Untuk memperkuat data tersebut penggalian data yang digunakan adalah berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti mengambil sumber data dengan sampel snowball sampling teknik penentuan sampel yang bermula jumlahnya kecil, kemudian menjadi membesar. Dalam penentuan narasumber, peneliti akan mengambil 12 orang narasumber.
Hasil wawancara menunjukkan, Terdapat 1 mahasiswa dari 12 mahasiswa yang hanya memprioritaskan adanya habel halal namun tidak memperhatikan label BPOM, hal ini menunjukkan bahwa label halal berimplikasi pada keputusan pembelian. Terdapat 1 mahasiwa dari 12 mahasiwa yang tidak sama sekali memperhatikan baik dari Label halal dan label BPOM, dengan melihat faktor lain. Hal ini menunjukkan bahwa adanya label halal dan label BPOM tidak berimplikasi pada keputusan pembelian produk makanan. Terdapat 10 mahasiswa dari 12 mahasiswa yang sangat memperhatikan adanya label halal dan label BPOM, ini menunjukkan bahwa adanya label halal dan label BPOM berimplikasi signifikan pada keputusan pembelian produk makanan.
Kata Kunci: Label Halal, Label BPOM dan Keputusan Pembeli
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 03:03 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 03:03 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |