Bella, Annisa (2025) Manajemen Public Relation dalam Membangun Citra dan Kepercayaan Calon Jamaah Umrah pada PT. Mugi Rizky Travel Bandar Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Annisa Bella_2103041003_MHU_2025.pdf Download (5MB) |
Abstract
Industri perjalanan ibadah umrah di Indonesia mengalami perkembangan pesat, seiring dengan meningkatnya minat masyarakat dan tantangan yang dihadapi, terutama isu penipuan oleh oknum biro travel yang tidak bertanggung jawab. Hal ini menuntut perusahaan jasa umrah untuk membangun citra positif dan menjaga kepercayaan calon jamaah. PT. Mugi Rizky Travel Bandar Lampung sebagai salah satu penyelenggara ibadah umrah berupaya menjawab tantangan ini melalui strategi manajemen Public Relation yang terencana dan terstruktur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif dengan mencari data langsung di lapangan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer hasil wawancara dari PT. Mugi Rizky Travel Bandar Lampung dan dokumentasi dari lapangan, sedangkan data sekunder berupa data yang diperoleh dari literatur- literatur dan bacaan lainnya yang terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Public Relation PT. Mugi Rizky Travel mengacu pada tiga tahapan manajemen strategis yaitu: perumusan strategi melalui kampanye digital dan media sosial untuk membangun citra; implementasi strategi berupa pelayanan jamaah yang responsif dan edukatif; serta evaluasi strategi melalui survei kepuasan dan penguatan komunikasi dua arah. Strategi ini secara efektif membangun lima dimensi citra perusahaan menurut Chattananon & Lawley yaitu identitas perusahaan, reputasi, jasa yang dilakukan, lingkungan fisik, dan kontak person, serta tiga dimensi kepercayaan menurut Mayer et al., yaitu ability, benevolence, dan integrity. Dengan demikian, manajemen Public Relation PT. Mugi Rizky Travel terbukti memiliki peran strategis dalam membangun citra positif dan meningkatkan kepercayaan calon jamaah.
Kata Kunci: Manajemen Public Relation, Citra, Kepercayaan, Calon Jamaah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Haji dan Umroh |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 03:03 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 03:03 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |