Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Dampak Digital Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM di Desa Mataram Ilir Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah

Andriyani, Jeni (2025) Dampak Digital Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM di Desa Mataram Ilir Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of JENI ANDRIYANI_2103012018_ESY_2025.pdf] PDF
JENI ANDRIYANI_2103012018_ESY_2025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Digital marketing merupakan pelaksanaan digital yang membangun saluran online (channel online) pada pasar (website, email, youtube, facebook dan jejaring sosial lainnya) yang berkontribusi dalam aktivitas pemasaran yang bertujuan, laba dan merumuskan dan menyebarkan pendekatan, pengetahuan, perilaku, nilai-nilai dan loyalitas merek, lalu menginteraksikan menggabungkan komunikasi yang ditargetkan menggunakan layanan online menurut kebutuhan individu atau pelanggan tertentu. Permasalahan pada penelitian ini ialah Kelemahan yang di hadapi oleh UMKM di Desa Mataram Ilir dalam meningkatkan kemampuan usaha sangat kompleks dan meliputi berbagai indikator salah satunya yaitu kurangnya pemahaman keterampilan dalam mengorganisir pemasarannya melalui media digital. Sebagian besar bisnis belum memiliki strategi pemanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan keunggulan kompetitif bagi para pelaku UMKM. Tujuan penelitian ini ialah Untuk mengetahui Dampak Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Di Desa Mataram Ilir Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah.

Jenis penelitian pada penelitian ini ialan kualitatif. Dengan Sumber data primer dari penelitian ini adalah pemilik usaha UMKM berjumlah 4 usaha UMKM dan 4 konsumen usaha UMKM di Desa Mataram Ilir. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ialah Digital marketing memberikan dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan pendapatan UMKM. Penggunaan media social seperti Facebook, Instagram, WhatsApp Story, dan platform marketplace mampu memperluas jangkauan pasar, meningkatkan jumlah pelanggan, dan menaikkan pendapatan harian pelaku usaha secara konsisten. Rata-rata peningkatan pendapatan berkisar antara 60% hingga 70%, yang berdampak langsung pada peningkatan keuntungan dan keberlangsungan usaha

Kata Kunci : Digital Marketing, Pendapatan UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:44
Last Modified: 14 Jul 2025 02:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11341

Actions (login required)

View Item View Item