Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Skincare di Bening’s Clinic

Febriansyah, Andrian (2025) Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Skincare di Bening’s Clinic. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of ANDRIAN FEBRIANSYAH_2103012006_ESY_2025.pdf] PDF
ANDRIAN FEBRIANSYAH_2103012006_ESY_2025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kualitas produk dan harga merupakan faktor penting dalam memengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu produk skincare. Kualitas produk adalah segala sesuatu yang terkait dengan kemampuan suatu produk untuk memenuhi harapan konsumen dan kebutuhan yang diinginkan oleh pasar. Kualitas ini mencakup aspek seperti desain produk, fungsionalitas, daya tahan, dan performa yang diinginkan oleh konsumen. Harga yang terbilang tinggi tetapi dengan kualitas produk yang baik dapat meningkatkan minat dan keyakinan konsumen dalam melakukan pembelian.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian skincare di Bening’s Clinic, 2) menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian skincare di Bening’s Clinic, dan 3 menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk skincare di Bening’s Clinic. Bening’s Clinic menghadapi persaingan persaingan yang cukup ketat, sehingga pemahaman terhadap faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian menjadi sangat penting. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 60 responden yang merupakan konsumen Bening’s Clinic. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Secara parsial kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung < ttabel atau 0.495 < 1.297. 2) Secara parsial harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung < ttabel 0.406 < 1.297. 3) Secara simultan kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.107 menunjukkan bahwa 10,7% keputusan pembelian dipengaruhi oleh kualitas produk dan harga, sementara sisanya sebesar 99,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, peningkatan kualitas produk serta penepatan harga yang tepat dapat mendorong keputusan pembelian dan memperkuat posisi merek di pasar.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:43
Last Modified: 14 Jul 2025 02:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11343

Actions (login required)

View Item View Item