Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pengembangan UMKM Perspektif Ekonomi Kreatif di Pasar Yosomulyo Pelangi Metro Lampung

Sari, Nurul Rusita (2025) Strategi Pengembangan UMKM Perspektif Ekonomi Kreatif di Pasar Yosomulyo Pelangi Metro Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Nurul Rusita Sari_2103010052_ESY_2025.pdf] PDF
Nurul Rusita Sari_2103010052_ESY_2025.pdf

Download (9MB)

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan sektor ekonomi yang menekankan pada aktivitas penciptaan, produksi, dan distribusi barang serta jasa bernilai tambah tinggi yang bergantung pada kreativitas, inovasi, dan kemampuan intelektual. Dalam konteks pengembangan UMKM, ekonomi kreatif menjadi pendekatan strategis yang dapat meningkatkan daya saing melalui pemanfaatan ide, kreativitas, dan inovasi yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi serta dinamika pasar.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif di Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) Metro Lampung. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah kurangnya sinergi antar pengelola sub sektor yang disebabkan oleh kesibukan masing-masing, sehingga koordinasi dalam pengembangan pasar secara menyeluruh belum optimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan UMKM di Pasar Yosomulyo Pelangi telah berjalan cukup efektif melalui lima aspek utama: pengembangan produk, pemasaran, pengembangan sumber daya manusia (SDM), indikator keberhasilan usaha, dan penguatan sub sektor ekonomi kreatif. Meskipun terdapat kendala koordinasi yang dirasakan para pengelola, penerapan Strategi pengembangan produk yang dilakukan melalui inovasi rasa, tampilan, dan kemasan yang disesuaikan dengan minat pasar, terutama di sektor kuliner yang menjadi sektor paling dominan. Strategi pemasaran difokuskan pada pemanfaatan media sosial dan kerja sama dengan influencer yang terbukti mampu meningkatkan jangkauan promosi dan penjualan. Strategi pengembangan SDM dilakukan melalui pelatihan rutin, sosialisasi, serta pembinaan karakter melalui program Pesantren Wirausaha yang membentuk mental wirausaha yang disiplin, mandiri, dan religius menunjukkan bahwa pendekatan ekonomi kreatif mampu memberikan dampak positif terhadap perkembangan UMKM di pasar tersebut.

Kata Kunci : Pengembangan UMKM, Ekonomi Kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:22
Last Modified: 14 Jul 2025 07:22
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11347

Actions (login required)

View Item View Item