Mardiyah, Mardiyah (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al Quran Hadist Melalui Model Pembelajaran Коореratif Tipe Jigsaw Siswa Kelas IV MI Darul Ulum Sumber Rejo Кесамatan Waway Karya Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jurai Siwo Lampung.
![]() |
PDF
MARDIYAH_PGMI_0957085_2013.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Tidak tercapainya KKM merupakan wujud dari rendahnya hasil belajar siswa ketika proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar Al Quran Hadist siswa ini diketahui dari banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebanyak 66% siswa. Dalam hal ini guru sudah menggunakan berbagai metode pembelajaran seperti ceramah dan pemberian tugas, akan tetapi sebagian besar siswa cenderung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Hanya sebagian kecil siswa yang aktif dan semangat dalam belajar. Banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah yang diberikan guru, bahkan mengalami kesulitan apabila diberikan pertanyaan-pertanyaan seputar materi. Sering kali diberikan kesempatan bertanya siswa hanya terdiam sementara siswa belum memahami materi yang disampaikan guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan upaya peningkatan hasil belajar Al Quran Hadist sıswa kelas IV MI Darul Ulum Sumberrejo Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 29 siswa pada materi memahami arti surat pendek dengan menerapkan model pembelajaran Koperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer. Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan metode dokumentasi Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran Koperatif tipe Jigsaw tampak rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus pertama yaitu 74,57 setelah diadakan refleksi pada siklus I maka rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus ke dua menjadi 85,58 dan mengalami peningkatan. Sedangkan terhadap hasil belajar siswa pada siklus pertama didapati nilai rata-rata siswa yaitu 63,55 dengan rincian 19 siswa tuntas dan 10 siswa belum tuntas, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa rat-rata mendapatkan nilai 72,53 dengan rincian sebanyak 23 siswa tuntas belajar dan 6 siswa tidak tuntas Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan penggunaan model pembelajaran Koperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Darul Ulum Sumberrejo Kecamatan Waway Karya Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 00:54 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 00:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |