Kusuma, Ummi Hindun (2025) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Pelanggan dalam Meningkatkan Minat Beli (Study di Koperasi Mulyojati Berkah Makmur Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
UMMI HINDUN KUSUMA_2103012039_ESY_2025.pdf Download (3MB) |
Abstract
Koperasi Mulyojati Berkah Makmur di bawah naungan Pondok Pesantren Darul A’mal, memiliki peran dalam memenuhi kebutuhan para asatidz melalui sistem voucher belanja. Masih ditemukan kendala dalam membangun persepsi positif yang berdampak pada minat beli. Persepsi pelanggan dipengaruhi oleh kualitas produk, harga, pelayanan serta kedekatan emosional dengan koperasi. Kondisi ini mendorong perlunya penelitian lebih lanjut untuk memahami persepsi pelanggang dalam mempengaruhi minat beli untuk meningkatkan minat beli di koperasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang membentuk persepsi pelanggan serta pengaruh persepsi tersebut terhadap minat beli di Koperasi Mulyojati Berkah Makmur Kota Metro. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Informan utama dalam penelitian ini adalah para ustadzah yang menjadi pelanggan tetap koperasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pelanggan terbentuk dari empat faktor, yaitu kualitas produk, harga dan sistem voucher, pelayanan personal serta nilai religius. Persepsi yang baik terhadap koperasi mendorong keajekan berbelanja, loyalitas dan keterlibatan emosional pelanggan juga tinggi. Program insentif berupa voucher belanja bulanan juga menjadi faktor dalam menjaga pelanggan tetap berbelanja dan tentu dapat meningkatkan pendapatan koperasi.
Kata Kunci: Persepsi Pelanggan, Minat Beli, Kualitas Produk, Harga, Pelayanan, Koperasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:30 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:30 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |