Khakim, Luqmanul (2025) Pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone pada Mahasiswa FEBI IAIN Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
LUQMANUL KHAKIM_2103011054_ESY_2025.pdf Download (4MB) |
Abstract
Keputusan pembelian merupakan keputusan akhir yang diambil oleh konsumen untuk menentukan apakah akan membeli suatu produk atau jasa, setelah mempertimbangkan berbagai aspek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian smartphone iphone pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Metro. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 67 responden mahasiswa FEBI IAIN Metro yang menggunakan iPhone. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan ketiga variabel independen yaitu Kualitas Produk, Gaya Hidup, dan Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Nilai R Adjusted Square sebesar 0,387 menunjukkan bahwa ketiga variabel independen tersebut menjelaskan 38,7% variasi dalam Keputusan Pembelian, sementara sisanya sebesar 61,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa persepsi terhadap kualitas produk, gaya hidup mahasiswa, dan citra merek iPhone merupakan faktor-faktor penting yang mendorong terbentuknya keputusan pembelian smartphone iphone di kalangan mahasiswa FEBI IAIN Metro.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Gaya Hidup, Citra Merek, Keputusan Pembelian, iPhone
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 01:40 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 01:40 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |