Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Penjualan Pedagang (Studi Kasus Pasar Tradisional 16C Margorejo Metro Selatan)

Maulana, Rizky (2025) Strategi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Penjualan Pedagang (Studi Kasus Pasar Tradisional 16C Margorejo Metro Selatan). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of RIZKI MAULANA_2003012042_ESY_2025.pdf] PDF
RIZKI MAULANA_2003012042_ESY_2025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adanya sistem belanja secara daring dan maraknya pasar modern di Kota Metro menjadi salah satu tantangan bagi pedagang pasar tradisional. Kondisi ini berdampak pada penurunan jumlah pengunjung dan menurunnya minat beli masyarakat, sehingga berdampak pada penjualan yang dilakukan. Oleh karena itu, pedagang di pasar tradisional seperti pasar tradisional 16C Margorejo Metro Selatan dituntut untuk memiliki strategi yang tepat dalam meningkatkan penjualannya. Menariknya, meskipun banyak pedagang mengalami penurunan penjualan, sebagian lainnya justru mampu bertahan dan bahkan meningkatkan penjualannya. Fenomena inilah yang mendorong perlunya penelitian mengenai strategi dan faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan penjualan para pedagang di pasar tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pedagang pasar tradisional 16C Margorejo dalam meningkatkan penjualan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data
hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para pedagang di Pasar Tradisional 16C Margorejo telah menerapkan strategi pemasaran yang cukup efektif melalui bauran pemasaran 4P (produk, harga, tempat, dan promosi). Sedangkan peningkatan penjualan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kondisi pedagang (seperti kualitas produk, harga, promosi, lokasi, pelayanan, dan cara pembayaran), kondisi pasar (termasuk fisik pasar, daya beli yang menurun, dan frekuensi pembelian yang tidak rutin), serta modal. Pada pasar tradisional 16C Margorejo, peningkatan penjualan pedagang belum stabi dikarenakan factor kondisi pasar yang mencakup kondisi pasar yang sepi, daya beli masyarakat yang menurun, serta frekuensi pembelian berulang yang jarang terjadi.

Kata Kunci: Strategi Peningkatan Penjualan, Faktor-Faktor Peningkatan Penjualan, Pedagang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 22 Jul 2025 02:24
Last Modified: 22 Jul 2025 02:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11445

Actions (login required)

View Item View Item