Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Media Aplikasi Rosetta Stone Terhadap Penguasaan Mufradat Siswa Kelas VIII MTS N 1 Lampung Timur Tahun Ajaran 2024/2025

Chairunnisa, Chairunnisa (2025) Pengaruh Penerapan Media Aplikasi Rosetta Stone Terhadap Penguasaan Mufradat Siswa Kelas VIII MTS N 1 Lampung Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Chairunnisa_2101020004 _PBA_2025.pdf] PDF
Chairunnisa_2101020004 _PBA_2025.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan media aplikasi rosetta stone. Penelitian inidilatar belakangi oleh pembelajaran mufradat bahasa Arab yang masih kurangdipahami siswa dalam belajar mufradat dan kurangnya minat dalam belajarmufradat, sehingga perlunya inovasi media pembelajaran berupa aplikasi rosettastone untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini bertujununtuk mengetahui pengaruh penerapan media aplikasi rosetta stone terhadappenguasaan mufradat siswa kelas VIII MTS N 1 Lampung Timur.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatifdengan jenis penelitian eksperimen Jenis penelitian yang digunakan ialah Non-equivalent Control Group Pretest-Posttest Design, dan desain penelitian ini yaitudesain yang melibatkan dua kelompok untuk pembanding, kelompok eksperimendan kelompok kontrol. dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa kelasVIII. Kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakanmetode ceramah dan game spin dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen denganproses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Eksperimen yaitu menggunakan media aplikasi Rosetta stone. Adapun teknik pengumpulan datapenelitian menggunakan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan ialah tesmateri mufradat dengan menggunakan 10 soal pilihan ganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pree-test post-test dari kedua kelasmembuktikan bahwa terdapat pengaruh dalam penerapan media aplikasi rosettastone. Berdasarkan Paired Sample T test pada Tabel 4.16 dan 4.17, dapat diketahuibahwa jumlah nilai sing (2-tailed) sebesasr 0,000 >0,05 sehingga Ho diterima danHa ditolak. Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa hasil uji-t, yaitu padataraf signifikansi 0,05, dan hasil akhir rata-rata kelompok eksperimen 72 dankelompok kontrol 69. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media inimemberikan pengaruh terhadap penguasaan mufradat siswa dengan menggunakanmedia aplikasi rosetta stone.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:42
Last Modified: 23 Jul 2025 08:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11459

Actions (login required)

View Item View Item