Muhsinun, Muhsinun (2025) Pola Komunikasi Melalui Facebook Sebagai Media Promosi Produk UMKM di Desa Marga Batin Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Muhsinun_2104010009_KPI_2025.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Dengan kemunculan internet yang dapat menjangkau dan menghubungkanbanyak manusia dari pelosok dunia untuk bisa saling berkomunikasi satu samalain melalui media digital. Para pengembang aplikasi mulai bertanding untukmenciptakan media digital yang beragam salah satunya yang kini sedang ramaidigunakan oleh masyarakat ialah Facebook. Tentunya dikalangan ibu– ibu yangbanyak menggunakan media sosial seperti facebook ini,dan menggunakan sebagaimedia pemasaran produknya sehingga bisa dengan mudah memperkenalkandaganganya dengan cepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Komunikasi PelakuUMKM Warung Jamilah AG Melalui Media Sosial Dalam Pemasaran Produk diKelurahan Marga Batin, kecamatan Waway Karya,Kabupaten Lampung Timur.Dalam kegiatan promosi dan pemasaran bagi UMKM Ibu Jamilah KelurahanMargabatin Kecamatan Waway Karya Kabupaten lampung Timur promosisangatlah penting.
Dalam hal ini UMKM Jamilah AG melakukan promosi melaluimedia Facebook, tujuan dari promosi ini adalah untuk membuat produk ataumerek yang ada di UMKM Jamilah AG lebih dikenali masyarakat, sehingga akanberdampak besar pada penjualan dan keuntungan.Dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan sifatdeskriptif kualitatif. Teknik peneltian ini dilakukan dengan tiga cara yang pertamayaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, sumber data primer dalampenelitian ini meliputi aparatur desa marga batin, warung ibu jamilah, facebookdan konsumen. Sedangkan peneltian sekunder dalam penelitan ini meliputi jurnal,peneltian terdahulu yang berkaitan dengan peneltian ini. sebuah media sosialfacebook di Desa Marga Batin dimana facebook digunakan sebagai mediapromosi produk yang di lakukan oleh pelaku UMKM Jamilah AG KelurahanMarga Batin, kecamatan Waway Karya,Kabupaten Lampung Timur. Pemanfaatanfacebook yang dilakukan oleh ibu jamilah sangat efektif untuk wadah promosiproduk, pemanfaaatan facebook untuk sebuah promosi banyak sekalikeuntunganya, tidak perlu kemana – mana cukup dengan memfoto produk yangakan di jual lalu posting ke facebook sudah terkenal oleh konsumen.
Hasil dari peneliatian warung ibu Jamilah menjelaskan “Promosi menggunakan facebook sangat efektif dan membantu karna tidak perlu kelilingatau membuat stand di pinggir jalan cukup dirumah saja bisa berjualan dan bisa diketahuai banyak orang”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:42 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:42 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11460 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |