Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Pembina Asrama Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Sosial Siswa SMA IT Baitul Muslimlampung Timur

Auliya, Mawaddah (2025) Peran Pembina Asrama Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Sosial Siswa SMA IT Baitul Muslimlampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of MAWADDAH AULIYA_2271010066_PAI_2025.pdf] PDF
MAWADDAH AULIYA_2271010066_PAI_2025.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Tren individualisme yang semakin menonjol di era modern ini menjadi salah satu tantangan besar dalam menanamkan nilai sosial. Akibatnya, banyak individu cenderung lebih mementingkan kepentingan pribadi daripada kepentingan bersama.

Pembina asrama adalah individu yang berperan penting dalam kehidupan siswa di sekolah asrama. Mereka bagaikan orang tua kedua bagi para siswa, bertanggung jawab atas kesejahteraan, keamanan, pendidikan, dan pembentukan karakter mereka selama tinggal di asrama.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran spesifik pembina asrama dalam menanamkan nilai sosial pada siswa. Menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat keberhasilan pembinaan nilai sosial di asrama. Dan mengetahui dampak pembinaan nilai sosial terhadap perkembangan karakter dan prestasi siswa.

Penelitian ini juga menjawab pertanyaan penelitian berikut: 1) Apa saja peran spesifik pembina asrama dalam menanamkan nilai sosial pada siswa SMA IT Baitul Muslim ? 2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat keberhasilan pembinaan nilai sosial di asrama SMA IT Baitul Muslim ? 3) Bagaimana dampak pembinaan Nilai sosial terhadap perkembangan karakter dan prestasi siswa? Penelitian ini menggambarkan secara rinci dan mendalam mengenai peran pembina asrama dalam menanamkan nilai-nilai sosial siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Informan dalam penelitian ini meliputi pembina asrama dan siswa SMA IT Baitul Muslim. Penelitian ini secara empiris membuktikan bahwa Pembina asrama berperan penting dalam menanamkan nilai sosial, yang berdampak positif pada karakter dan prestasi siswa.

Kata Kunci : Pembina Asrama, Nilai Sosial, Siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:39
Last Modified: 23 Jul 2025 08:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11465

Actions (login required)

View Item View Item